الرقم
No |
الحالة
Masalah |
الحكم
Hukum |
المرجع
Sumber |
51 |
قد أفتى لنا أحد العلماء بجواز الحلف بالضريح وترك المصحف، وقال: إنه يجوز لاسترداد حق المظلوم إذا دعت الضرورة لذلك، فما مدى صحة هذه الفتوى؟
Telah berfatwa bagi kami salah seorang (yang dianggap) ulama akan bolehnya bersumpah dengan nama (penghuni) kuburan “keramat” dan meninggalkan mushaf, dan ia berkata: Hal itu boleh untuk mengembalikan hak orang yang dizalimi, apabila terpaksa melakukannya, sejauh mana kebenaran fatwa ini? |
يحرم الحلف بالضريح أو الشيخ، ولا يجوز للقاضي أن يطلب الحلف بهما؛ لما ثبت من قول النبي صلى الله عليه وسلم: «من حلف بغير الله فقد كفر أو أشرك». واليمين المشروعة إنما تكون بلفظ الجلالة أو اسم من أسمائه أو صفة من صفاته.
Diharamkan bersumpah dengan nama (penghuni) kuburan “keramat” atau nama seorang Syaikh, dan tidak boleh bagi hakim untuk meminta sumpah dengan keduanya, karena telah valid dari Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, “Siapa yang bersumpah dengan nama selain Allah maka ia telah kafir atau syirik.” Adapun sumpah yang disyari’atkan adalah dengan mengucapkan nama: Allah, atau salah satu dari nama-nama-Nya atau sifat-sifat-Nya. |
فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – المجموعة الأولى – فتوى :8999 ج :1 ص :357
Fatawa Lajnah (Kumpulan Pertama, no. 8999, 1/357) |
52 |
هل يجوز القول توكلت على الله ثم عليك؟
Bolehkah mengucapkan: Aku bertawakkal kepada Allah kemudian kepadamu? |
يجوز أن يقول الشخص توكلت على الله ثم عليك، فإن التوكل على الله هو تفويض الأمر إليه والاعتماد عليه، فهو جل وعلا المتصرف في هذا الكون، والتوكل على العبد بعد التوكل على الله جل وعلا تفويض العبد فيما يقدر عليه.
Boleh seseorang mengucapkan: Aku bertawakkal kepada Allah kemudian kepadamu, karena tawakkal kepada Allah adalah penyandaran urusan kepada-Nya dan bergantung kepada-Nya, sebab Allah ta’ala yang mengatur di alam ini, adapun tawakkal kepada makhluk setelah tawakkal kepada Allah adalah penyandaran urusan kepada seseorang yang ia masih mampu mengerjakannya. |
فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – المجموعة الأولى – فتوى :3571 ج :1 ص :378
Fatawa Lajnah (Kumpulan Pertama, no. 3571, 1/378) |
53 |
ما حكم سب الدين، والاستهزاء بشيء من القرآن والسنة؟
Apa hukum mencela agama dan memperolok-olok satu ajaran Al-Qur’an dan As-Sunnah? |
سب الدين والاستهزاء بشيء من القرآن والسنة والاستهزاء بالمتمسك بهما نظرًا لما تمسك به كإعفاء اللحية وتحجب المسلمة؛ هذا كفر إذا صدر من مكلف.
Mencela agama dan memperolok-olok satu ajaran Al-Quran dan As-Sunnah, dan memperolok-olok (orang) yang berpegang teguh dengannya dikarenakan (menghina) ajaran tersebut seperti memelihara jenggot dan hijab muslimah, maka pelakunya menjadi kafir jika ia seorang mukallaf (muslim, balig, berakal). |
فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – المجموعة الأولى – فتوى :4440 ج :1 ص :384 – 389
Fatawa Lajnah (Kumpulan Pertama, no. 4440, 1/384-389) |
54 |
ما حكم عبادة القبور، وعبادة الطاغوت؟
Apa hukum beribadah kepada kuburan dan ibadah kepada thagut (sesembahan selain Allah ta’ala)? |
عبادة القبور وعبادة الطاغوت شرك بالله فالمكلف الذي يصدر منه ذلك يبين له الحكم فإن قبل وإلاَّ فهو مشرك.
Ibadah kepada kuburan dan ibadah kepada thagut adalah kesyirikan kepada Allah, maka seorang mukallaf yang melakukan itu hendaklah dijelaskan baginya, semoga ia menerima nasihat, jika tidak maka ia seorang musyrik (murtad). |
فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – المجموعة الأولى – فتوى :4440 ج :1 ص :384 – 389
Fatawa Lanjah (Kumpulan Pertama, no. 4440, 1/384-389) |
55 |
ما حكم الطواف بالقبور والذبح عندها؟
Apa hukum thawaf di kuburan dan menyembelih padanya? |
حرام وإن قصد التقرب لأصحابها صار ذلك شركا.
Hukumnya haram, dan apabila dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada penghuni kubur maka menjadi syirik. |
فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – المجموعة الأولى – فتوى :8086 ج :1 ص :390
Fatawa Lajnah (Kumpulan Pertama, no. 8086, 1/390) |
56 |
هناك من يضع الطعام، أو قماش، أو نقود عند القبر فما حكم ذلك؟
Ada orang yang meletakkan makanan, atau pakaian, atau uang di kuburan, apa hukumnya? |
لا يجوز، وإن قصد التقرب إلى صاحب القبر صار ذلك شركا.
Tidak boleh, dan jika dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada penghuni kubur itu maka menjadi syirik. |
فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – المجموعة الأولى – فتوى :9785 ج :1 ص :391 – 392
Fatawa Lajnah (Kumpulan Pertama, no. 9785, 1/391-392) |
57 |
من يوصل مشركًا إلى قبة من القباب للطواف، أو لحضور وليمة أهو مشرك أم ارتكب إثمًا؟
Orang yang mengantar seorang musyrik kepada kubah (kuburan) untuk thawaf atau mengantarnya menghadiri walimah, apakah pengantarnya itu menjadi musyrik atau hanya berdosa saja? |
لا يجوز لشخص أن يوصل أحدًا إلى قبة من القباب للطواف بها أو لحضور وليمة أقيمت من أجل المشهد، فإذا فعل ذلك فقد ارتكب معصية.
Tidak boleh bagi seseorang untuk mengantar orang ke kubah (kuburan) untuk thawaf atau menghadiri walimah yang diadakan untuk ritualnya, jika mengantarkannya maka ia telah melakukan maksiat. |
فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – المجموعة الأولى – فتوى :5741 ج :1 ص :393
Fatawa Lajnah (Kumpulan Fatwa, no. 5741, 1/393) |
58 |
ما حكم الصلاة في المساجد المبنية على القبور؟
Apa hukum sholat di masjid yang dibangun di atas kuburan? |
نهى صلى الله عليه وسلم عن اتخاذ القبور مساجد وعن الصلاة إليها والبناء عليها؛ حمايةً لجناب التوحيد، وسدًّا لذرائع الشرك.
Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam telah melarang untuk menjadikan kuburan sebagai masjid dan melarang sholat menghadapnya dan membangun di atasnya, demi menjaga keutuhan tauhid dan menutup pintu yang bisa mengantarkan kepada syirik. |
فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – المجموعة الأولى – فتوى :1644 ج :1 ص :399 – 400
Fatawa Lajnah (Kumpulan Pertama, no. 1644, 1/399-400) |
59 |
هل يجوز إقامة المساجد على قبور أولياء الله الصالحين؟
Bolehkah membangun masjid di atas kuburan para wali Allah yang shalih? |
لا يجوز بناء المساجد على قبور أولياء الله الصالحين، ولا تجوز الصلاة في هذه المساجد؛ لقول النبي صلى الله عليه وسلم: «لعن الله اليهود والنصارى اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد».
Tidak boleh membangun masjid di atas kuburan para wali Allah yang shalih, dan tidak boleh sholat di masjid tersebut, berdasakan sabda Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, “Allah melaknat Yahudi dan Nasrani yang menjadikan kuburan para nabi sebagai masjid.” |
فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – المجموعة الأولى – فتوى :4259 ج :1 ص :405
Fatawa Lajnah (Kumpulan Fatwa, no. 4259, 1/405) |
60 |
هل يجب تقبيل أعتاب مدخل الحسين والسيدة زينب وتقبيل المقصورة والتوسل بهم وطلب المدد والعون منهم؟
Apakah wajib mencium anak tangga di pintu kuburan Al-Husain dan Sayyidah Zainab, dan mencium yang dibangun di kuburan tersebut, serta bertawasul dengan mereka dan meminta solusi dan pertolongan kepada mereka? |
يحرم تقبيل أعتاب مدخل الحسين والسيدة زينب وغيرهما والمقصورة؛ لما فيه من الخضوع لغير الله وتعظيم الجمادات والأموات تعظيمًا لم يشرعه الله، ولأن ذلك من وسائل الشرك بأصحاب القبور وهكذا التوسل بذواتهم أو حقهم وجاههم. أما طلب المدد والعون منهم فهو شرك أكبر.
Diharamkan mencium anak tangga di pintu kuburan Al-Husain, Sayyidah Zainab dan selain keduanya, dan apa yang dibangun di kuburan tersebut, karena hal itu adalah bentuk ketundukan kepada selain Allah ta’ala dan pengagungan kepada benda-benda dan orang-orang mati dengan pengagungan yang tidak Allah syari’atkan, dan juga karena hal itu bisa menjadi sarana untuk menyekutukan Allah dengan para penghuni kuburan, demikian pula tawasul dengan diri, atau hak, atau kehormatan mereka hukumnya haram. Adapun meminta solusi dan pertolongan kepada mereka adalah syirik besar. |
فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء – المجموعة الأولى – فتوى :4335 ج :1 ص :406 – 407
Fatawa Lajnah (Kumpulan Fatwa, no. 4335, 1/406-407) |